Minggu, 02 Juni 2013

Ringkasan Materi Fisika Statis

1.     Fluida adalah zat yang dapat mengalir dan memberikan sedikit hambatan terhadap perubahan bentuk ketika mengalami tekanan

2.  Tekanan hidrostatis adalah tekanan di dalam zat cair yang disebabkan oleh adanya gaya gravitasi yang bekerja pada tiap bagian zata cair dan besarnya bergantung pada kedalaman.
P =  r. g . h

3.   Hukum pokok hidrostatis menyatakan bahawa semua titik yang terletak pada satu bidang datar di dalam zat cair yang sejenis memiliki tekanan yang sama.

4.  Tekanan absolut pada suatu titik dalam fluida merupakan penjumlahan antara tekanan atmosfer dan tekanan hidrostatik
P = P0 + Ph = P0 + r. g . h

5.      Hukum pascal menyatakan bahwa tekanan yang diadakandari luar kepada zat cair yang ada di ruang tertutupakan diteruskan oleh zat cair itu kesegala arah dengan sama rata.

6.      Hukum archimedes menyatakan bahwa sebuah benda yang tercelup sebagian atau seluruhya akan mengalami gaya keatas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindah.
Fa = r g V

7.    Benda yang tercelup dalam fluida dapat mengalami tiga keadaan yaitu terapung, tenggelam dan melayangdengan syarat sebagai berikut
a.       Terapung jika rb < rf
a.       Tenggelam jika rb > rf
b.      Melayang jika rb = rf

8.      Aplikasi hukum archimedes dapat di jumpai dalam berbagai peralatan antara lain hidrometer, kapal selam, gelangan kapal, balon udara dan jembatan ponton.

9.      Kohesi adalah gaya tarik menarik antar partikel atau molekul yang sejenis. Sedangkan adhesi adalah gaya tarik menarik antara partikel atau molekul yang tidak sejenis.


10.  Tegangan permukaan merupakan sifat tegang permukaan zat cair akibat resultan gaya kohesi yang menyebabkan permukaan zat cair selalu menuju ke keadaan yang luas pemukaannya terkecil. Besarnya permukaan dirumuskan
 =
Jika tegangan permukaan terjadi pada dua permukaan sekaligus, maka berlaku rumus
 =

11. Gejala kapilarits adalah gejala naik atau turunnya permukaan zata cair dalam pipa kapiler. Besarnya kenaikan atau permukaan zat cair dapat di hitung dengan rumus
h =

12. Viskositas merupakan ukuran kekentalan fluida yang menyatakan besar atau kecilnya gesekan atau hambatan di dalam fluida.
Fx = 6 r v



Sumber :
Supianto.2006. Fisika Kelas XI SMA. Bandung. Phibeta.
Kanginan. Marthen.2006. Fisika Kelas XI SMA. Jakarta. Erlangga.

Kanginan. Marthen.1994. Seribu Pena Fisika SMA. Jakarta. Erlangga.

2 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT Pegadaian (Persero)

    BalasHapus
  2. Jangan Lupa Mampir Ke blog ane juga www.smansagacare.blogspot.com

    BalasHapus