Minggu, 02 Juni 2013

Fluida Ideal

        Seperti disebutkan sebelunnya bahwa fluida ideal hanyalah suatu model ideal, namun konsep ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan perkiraan awal tentang sifat-sifat aliran fluida.
           Ciri-ciri umum fluida ideal adalah sebagai berikut:
1.  Tak termampatkan (tidak kompresibel), artinya bahwa fluida tidak akan mengalami perubahan volume (atau massa jenis) akibat pengaruh tekanan.
2.  Tidak kental (non-viscos), artinaya fluida ideal tidak akan mengalami gesekan antara lapisan fluida satu dengan lapisan yang lain maupun  dengan dinding saluran akibat gejala viskositas.
3.  Alirannya tidak bertolak (non turbulen), artinya fluida ideal memiliki aliran garis-arus (streamline) sehingga tidak akan ada elemen fluida yang memilikikecepatan sudut tertentu.
4.   Alirannya tidak bergantung waktu (tunak), artinya kecepatan fluida ideal di setiap titik tertentu adalah konstan, namun kecepatan fluida pada dua titik yang berbeda boleh saja tidak sama. Pada aliran tunak, garis-arus (lintasa yang dialiri oleh aliran fluida ) dalam suatu penampang aliran tampak berlapis-lapis, sehungga aliran tunak juga disebut aliran laminer (berlapis).
5.  Definisi garis arus : garis arus adalah aliran fluida yang mengikuti suatu garis (lurus melengkung) yang jelas ujung dan pangkalnya




Sumber :
Supianto.2006. Fisika Kelas XI SMA. Bandung. Phibeta.
Kanginan. Marthen.2006. Fisika Kelas XI SMA. Jakarta. Erlangga.
Kanginan. Marthen.1994. Seribu Pena Fisika SMA. Jakarta. Erlangga.

3 komentar: